cover
Contact Name
Dr. Mohammad Arief, SE., MM.
Contact Email
kompetensi.feb@trunojoyo.ac.id
Phone
+62 8123227266
Journal Mail Official
kompetensi.feb@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Telang, PO Box. 2 Kamal, Bangkalan - Madura
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Competence : Journal of Management Studies (Kompetensi : Jurnal Studi Manajemen)
ISSN : 19074824     EISSN : 25412655     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2020): April" : 8 Documents clear
Analisis Laporan Keuangan Dalam Menilai Kinerja Keuangan PT Mandom Indonesia Tbk Periode Tahun 2015-2018 Moh Zaki Kurniawan
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7152

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, dan rasio pertumbuhan periode tahun 2015-2018. Analaisin rasio likuiditas menggunakan current ratio, rasio solvabilitas menggunakan debt to assets ratio dan debt to equity ratio, rasio profitabilitas menggunakan, rasio aktivitas menggunakan return on assets dan return on investment, rasio pertumbuhan menggunakan pertumbuhan penjualan, pertumbuhan laba bersih, pertumbuhan pendapatan per saham. Hasil analisis kinerja keuangan  PT Mandom Indonesia Tbk: 1) Rasio likuiditas dalam kriteria sehat, 2) Rasio solvabilitas menggunakan debt to asset ratio dalam kriteria sehat, dan debt to equity ratio dalam kriteria sehat, 3) Rasio profitabilitas menggunakan return on assets (ROA) dalam kriteria sehat, dan return on equity (ROE) dalam kriteria kurang sehat. 4) Rasio aktivitas menggunakan total assets turnover ratio dalam kriteria tidak sehat, 5) Rasio pertumbuhan menggunakan penjualan mengalami peningkatan, laba bersih mengalami penurunan, dan pendapatan per saham mengalami peningkatan.
PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUBSEKTOR KEPERLUAN RUMAH TANGGA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014-2018 Petty Arisanti
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7146

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari struktur modal, likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap kinerja keuangan perusahaan sektor manufaktur subsektor keperluan rumah tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014-2018. Variabel yang digunakan untuk mengukur struktur modal adalah debt to equity ratio (DER), variabel likuiditas diukur dengan current ratio (CR), dan ukuran perusahaan dilihat dari total penjualan. Variabel yang digunakan untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan yaitu return on equity (ROE). Populasi penelitian ini adalah perusahaan sektor manufaktur subsektor kosmetik dan keperluan rumah tangga yang terdaftar di BEI Periode 2014-2018 dengan total 6 perusahaan. Dengan menggunakan metode purposive sampling diambil sampel 4 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dan juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi, dengan tingkat signifikansi alpha 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel struktur modal (DER) memiliki pengaruh signifikan terhadap ROE. Variabel likuiditas (CR) tidak berpengaruh terhadap ROE, sedangkan variabel ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ROE.
SOCIAL MEDIA MARKETING, ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CUSTOMER ENGAGEMENT Yudhi Prasetya Mada
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7153

Abstract

Internet availability in general has given someone the opportunity to use social media, to interact without the need for physical meetings. However, nowadays social media is not only used as a medium of communication between individuals, but has become an important part in business marketing strategies. For companies, social media can be used as a medium for marketing their products, namely social media marketing. The form of exchange of information and knowledge online on social media is known as an electronic word of mouth. Providing information on the presence of new products, companies can also grow, maintain and increase customer engagement by sharing information and product education. Activities Customer engagement through social media are important to improve the relationship between the company and customers its. This study aims to determine the effect of social media marketing and electronic word of mouth on customer engagement on followers Instagram @ essenzo.indonesia. The research method used is a quantitative approach and uses non-probability sampling with a sample of 100 respondents. Data collection techniques used are using a questionnaire and will be analyzed using path analysis. The results obtained that social media marketing affect customer engagement, so does electronic word of mouth affect customer engagement, then social media marketing and electronic word of mouth affect customer engagement.
PENDEKATAN MOTIVASI MC.CLELLAND TERHADAP KETEPATAN PENYELESAIAN STUDI MELALUI KOMITMEN PADA TUGAS (Studi pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura) Mochammad Isa Anshori; Bambang Sutrisno; Echsan Gani
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7148

Abstract

Kelulusan adalah hasil akhir dari proses pembelajaran selama mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi. Lulus dengan tepat di perguruan tinggi merupakan suatu kewajiban bagi setiap mahasiswa. Kelulusan mahasiswa tidak terlepas dari motivasi diri yang dimiliki oleh mahasiswa yang bersangkutan, serta dapat menyelesaikan komitmen pada tugas dipilih sebagai fokus penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendekatan motivasi McClleand terhadap ketepatan penyelesaian studi melalui komitmen pada tugas. Variabel independen yang diteliti adalah Need For Achievement (X1), Need For Power (X2), Need For Affiliation (X3), Ketepatan Penyelesaian Studi (Z) sebagai variabel dependen, sedangkan variabel intervening yakni Komitmen Pada Tugas (Y). Pendekatan penelitian yang  digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksplanatif (eksplanatory research). Objek penelitian Mahasiwa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura angkatan 2012-2013 berjumlah 333. Penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga ketemu sampel sebanyak 77 responden. Dengan kriteria sampel terpilih adalah mereka yang lulus dengan tepat antara semester 7-8. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan adanya Need For Achievement berpengaruh terhadap Komitmen Pada Tugas  dengan nilai uji t sebesar 0,327 dan signifikansi sebesar (0,001) Need For Power berpengaruh terhadap Komitmen Pada Tugas dengan nilai uji t sebesar 0,160 dan signifikansi (0,048), Need For Affiliation berpengaruh terhadap Komitmen Pada Tugas dengan nilai uji t sebesar 0,489, dan signifikansi (0,000), Need For Achievement berpengaruh terhadap ketepatan penyelesaian studi dengan nilai uji t sebesar 0,173, dan signifikansi (0,005), Need For Power berpengaruh terhadap ketepatan penyelesaian studi dengan nilai uji t sebesar 0,102 dan signifikansi (0,031), Need For Affiliation berpengaruh terhadap ketepatan penyelesaian studi nilai uji t sebesar 0,474 dan signifikansi (0,000), Need For Achievement, Need For Power, dan Need For Affiliation berpengaruh secara simultan terhadap komitmen pada tugas, dengan nilai uji f sebesar 108.084 dan signifikan sebesar (0,000), Need For Achievement, Need For Power, Need For Affiliation dan komitmen pada tugas berpengaruh secara simultan terhadap ketepatan penyelesaian studi Dengan nilai uji f sebesar 288.849 dan signifikansi (0,000), Need For Achievement, Need For Power, dan Need For Affiliation berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyelesaian studi melalui komitmen pada tugas. Dengan nilai uji t sebesar 0,731 dan signifikansi 0,00.
ANALISIS RISIKO LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN AKUISISI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA R Gatot Heru Pranjoto
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7154

Abstract

Tujuan perusahaan adalah tercapainya laba maksimal , melalui earning power, yang ditandai dengan naiknya profit margin dan total aset turn over. Operasional perusahaan harus dapat menghasilkan satuan penjualan setingi tingginya untuk setiap satuan aset perusahaan, dilain pihak setiap satuan penjualan harus dapat menghasilkan laba operasi setinggi tingginya. Selain konsep laba maksimal perusahaan harus dapat mencapai efisiensi tinggi melalui konsep rentabilitas. Efisiensi yang tinggi dapat diukur dengan konsep rentabilitas, yaitu dengan  membandingkan besarnya laba bersih yang dihasilkan dengan menggunakan modal perusahaan. Dengan rentabilitas setinggi tingginya maka diharakan dapat tercapainya sinergi perusahaan.
PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PT. JAYA BRIX INDONESIA DI LAMONGAN Ike Susanti; Indriana Kristiawati; Ahmad Bayu Sahroni
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7149

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Fungsi Dari Sistem Informasi Manajemen Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Bagi Manajer PT.Jaya Brix Indonesia Desa Kemantren Paciran Di Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif karena data yang di kumpulkan berupa kata-kata dan gambar dalam hal ini penulis akan melihat, membaca dan mempelajari bagaimana peranan sistem informasi manajemen dalam pengambilan keputusan bagi manager pemasaran PT. Jaya Brix Kemantren. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pengambilan keputusan bagi manager pemasaran PT. Jaya Brix Indonesia Kemantren tidak maksimal dan tidak efektif, serta volume penjualan mengalami penurunan. Karena dalam penerimaan informasi mengalami keterlambatan dan kekurangan informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan serta pihak perusahaan khususnya di bidang pemasaran tidak dapat memantau dan memonitor secara pasti kegiatan pemasaranya.
PENGARUH PENERAPAN STRATEGI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) TAHUN 2018 Dina Anggresa Oktina; Eka Septiana Sari; Intan Angelina Intan Angelina Sunardi; Laili Nurul Hanifah; Vicky F Sanjaya
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7170

Abstract

The purpose of this research to determine the effect of implementing the CSR strategy carried out by PT. Pertamina (Persero) through various programs owned by the company's image. The method used in this research is a qualitative method/ approach. This research was made not to test the hypothesis between the two variables, but to describe the extent of CSR programs that have been run by PT. Pertamina (Persero) can play  a  role  in  improving  the  company's  image.  The  data collected is data obtained from the annual report of PT. Pertamina (Persero) in 2018 taken from IDX, articles and other documents. Data analysis techniques used in this study use comparative  analysis  (comparing  the  findings  of  researchers with the theory used) and include data reduction, data presentation and drawing conclusions. Based on the results of the analysis of the data obtained, the strategy embodied in the CSR program of PT. Pertamina (Persero) has been carried out in accordance with the company's vision, mission, principles and strategy set by the company itself. The results obtained from this study indicate that the overall implementation of CSR strategies carried out by PT. Pertamina (Persero) basically has an influence and plays an active role in improving the image, reputation and credibility of the company. In this case, things that must be done by PT. Pertamina (Persero) is considering expanding the scope of the area of the recipients of the CSR programs they have, so that not only the people in the vicinity of the head office or its subsidiaries can benefit from each CSR program that is carried out, but also the community as a whole.
EFFECT OF PROFITABILITY TOWARDS COMPANY VALUES: A STUDY ON COSMETIC AND HOUSEHOLD NEEDS SUB SECTOR Paul Sudjiman; Lorina Siregar Sudjiman
Kompetensi (Competence : Journal of Management Studies) Vol 14, No 1 (2020): April
Publisher : Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21107/kompetensi.v14i1.7151

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Sub sektor Kosmetik dan Keperluan Rumah Tangga yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 4 perusahaan. Lokasi dalam pene1itian ini adalah BEI. Jenis data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif. Data diperoleh melalui sumber sekunder, yaitu publikasi laporan keuangan emiten di BEI tahun 2007 sampai 2018 melalui website resmi www.idx.co.id. Teknik analisis yang dipakai adalah analisis statistik deskriptif, koefisien korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi dan uji signifikansi t. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Yang artinya bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil statistik deskriptif ROA adalah 0,135196 atau 13,51%, statistik deskriptif PER adalah 16,394318, koefisien korelasi r =0,436, koefisien determinasi Kd =3,61%, analisis regresi 51,715 dan uji-t 0,002 0,05.

Page 1 of 1 | Total Record : 8